Gambar Komik Tintin Terjual Rp5,8 M!

Gambar komik Tintin menggemparkan rumah lelang seni di Dallas, Texas, Amerika Serikat, pekan ini. Betapa tidak, dua gambar langka Tintin dari komik serial berjudul The Red Sea Sharks berhasil terjual dengan harga mencapai US$422.000 (sekitar Rp5,8 miliar)!

Nilai fantastis penjualan itu didapatkan dalam sebuah lelang yang ditutup, Sabtu (2/6). Dua gambar yang terjual itu adalah sebuah sketsa pensil di atas kertas berukuran 35.2×50 cm dan salinan tinta di atas media berukuran 30.7×47.7 cm.

Dikutip dari AFP, juru bicara rumah lelang Heritage, Eric Bradley, mengatakan dua gambar itu terjual kepada seorang kolektor asal Brussels Belgia, yang tak mau disebutkan identitasnya saat ini.

Kedua gambar tersebut berada pada halaman 58, menggambarkan tokoh utama Tintin, seorang reporter yang berpetualang pada abad ke-19. Album tersebut diketahui sebagai “Coke en stock” dalam bahasa Prancis. Karya itu pertama kali diterbitkan pada tahun 1958.

Gambar-gambar itu menunjukkan petualangan Tintin bersama Captain Haddock menelusuri lautan, ditemani anjing yang memandu mereka, bernama Snowy. Nampak juga seorang pilot Estonian Piotr Skut yang tampak memandang lautan.

Walaupun memiliki angka jual fantastis, nyatanya harga dua gambar komik ternama karya Herge tersebut dinilai lebih rendah dari yang diperkirakan. Seperti dilansir AFP, gambar karya Herge pada1957 itu setidaknya ditaksir akan berharga US$720.000-960.000.

George Remi - Herge
George Remi – Herge

Herge yang memiliki nama asli Georges Remi adalah seorang pembuat komik asal Brussels, Belgia. Dari ibu kota Belgia itulah, Herge berimajinasi tentang petualangan Tintin, sang wartawan yang berkelana ke seluruh dunia bersama karibnya, seekor anjing bernama Snowy.

Gambar asli yang dibuat Herge sangat sulit angka untuk didapatkan di pasar terbuka. Sang seniman pun diketahui tak pernah menjual karya tangannya, melainkan memberikannya kepada kerabat dan sahabat dekat sebagai hadiah.

Dan, dua gambar yang dilelang pada akhir pekan ini diberikan Herge kepada kawan akrabnya di Skandinavia pada 1970an silam. Sang sahabat itu lalu menjual gambar Herge kepada seorang pembeli di wilayah Eropa yang berbahasa Jerman.

Tahun lalu, ilustrasi original Tintin dari tahun 1939 dari komik berjudul “King Ottokar’s Sceptre” juga terjual lebih dari 600,000 Euro atau sekira Rp 9 miliar, dalam sebuah lelang Christie’s di Paris. Namun, rekor termahal dari pelelangan hasil karya Herge adalah pada 2014 silam. Karya Tintin saat itu terjual lebih dari dua juta euro, yaitu karya yang dibuatnya pada tahun 1937.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.