Andung-andung Tao Toba: Doa dan Solidaritas untuk Danau Toba

Peristiwa kecelakaan kapal di kawasan perairan Danau Toba yang terjadi dalam sepekan terakhir ini, mendorong penggiat seni dan budaya dan pemerhati Danau Toba di Sumatra Utara untuk menggelar aksi doa dan solidaritas dalam waktu dekat.

“Peristiwa ini begitu menguncang hati. Rasa sedih dan duka terus menyelimuti perasaan kita,” ujar penggiat seni dan budaya Sumut, Ojax Manalu, dalam pesan yang disebarluaskan melalui WhatsApp pekan lalu.

Didorong oleh rasa keprihatian itu, kemudian dilakukan diskusi bersama lintas forum dan komunitas seni dan budaya yang peduli pada peristiwa ini, pada Minggu (24/6) di Caldera Coffee, Jalan Sisingamagaraja No 132A, Medan.

Forum diskusi itu dihadiri oleh sejumlah perwakilan komunitas seni dan budaya dan lembaga yang selama ini konsern terhadap Danau Toba, antara lain Jendela Toba, Rumah Karya Indonesia, Forum Sisingangamangaraja, kelompok musik tradisi Arunika dan sejumlah mahasiswa dari Fakultas Seni dan Bahasa Unimed.

Seperti dijelaskan Ojax, adapun keputusan dari pertemuan tersebut ialah, dibentuknya satu forum bernama HARMONI TOBA, yang akan melaksanaan kegiatan aksi doa dan solidaritas, dengan tema “ANDUNG-ANDUNG TAO TOBA” di Lapangan Merdeka, Medan, 30 Juni 2018, mulai pukul 18:00 WIB hingga selesai.

Adapun bentuk kegiatan yang akan digelar nantinya antara lain doa bersama dan penyalaan lilin, penyampaian statemen keprihatinan dan solidaritas atas tragedi tenggelamnya KMP Sinar Bangun dan KMP Ramos Hotmatua Risma (RHR) Marisi, pertunjukan seni (musikalisasi puisi Danau Toba, musik, pertunjukan seni teatrikal, performance arts).

“Diharapkan kehadiran dan partisipasi masyarakat dalam acara ini. Bagi komunitas seni, maupun perseorang ingin berpartisipasi dalam pertunjukan seni dan budaya, silakan menghubungi forum HARMONI TOBA. Cp: 081361257934 (Ojax Manalu), Karmel Sianturi (081261305081), Ori Semloko (081235174231), Tonggo Simangunsong (081260116425),” terang Ojax.

Tulisan terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *