Kopi dan Donat di J.Co Coffee

Jarang sekali gerai kopi dan donat ini sepi. Seperti ketika pada suatu sore Kopibrik.com singgah di J.Co Donuts & Coffee branch Sun Plaza Medan, belum lama ini. Barista dan beberapa staff perempuan tampak sibuk seolah tak akan berhenti melayani pengunjung yang ingin menikmati perpaduan manis antara kopi dan donat.

Jika boleh memuji, ya, J.Co Donuts & Coffee memang pantas dipuji. Kenapa pujian itu pantas diberikan terhadap gerai kopi yang didirikan penata rambut ternama Johnny Andrean itu?

Ketika gerai kopi asing menggempur pasar kopi dan donat ke Indonesia dalam waktu lama, gerai kopi dan donat ini hadir dengan percaya diri dan diterima dengan baik. Hasilnya, saat ini, ketika orang menyebut kopi dan donat, maka bukan hanya Dunkin’ Donuts jawabannya, tapi juga J.Co Coffee & Donuts. Tidak hanya di Indonesia (Jakarta, Bali dan Medan), J.Co telah merambah pasar hingga beberapa negara di Asia Tenggara, antara lain Kuala Lumpur, Singapura, Shanghai dan Manila.

Benar, kopi dan donat ialah perpaduan yang pas. Pada pagi hari maupun sore hari, keduanya sama-sama nikmat. Saya sendiri begitu menyukai momen menikmati donat dan kopi di pagi hari, meski sayang, momen seperti itu tidak selalu dapat saya lakukan. Yang pasti, sejak lama, perpaduan nikmat ini telah menjadi bisnis kopi yang menjanjikan. Dunkin’ Donuts dari negeri Paman Sam boleh dikatakan sebagai pelopornya.

JCo Donuts Coffee (2)

Dalam waktu lama Dunkin’ Donuts merajai pasar konsumsi donat yang dipadupadankan dengan kopi. Rasanya, ada satu kebanggaan ketika orang ngopi sambil makan donat. Dan harga seringkali pula tidak jadi masalah.

Memang, tidak bisa dipungkiri, J.Co hadir setelah donat telah begitu populer oleh Dunkin’ Donuts. tak heran, ketika ia hadir, ada satu pertanyaan muncul, apa bedanya dengan gerai kopi dan donat yang sudah ada sebelumnya? Benar, ada bedanya meski sebenarnya tidak mudah menggambarkan perbedaanya secara detail. Satu yang membedakan ialah, J.Co berani menampilkan dapurnya jadi pemandangan gratis kepada konsumen.

JCo Donuts Coffee (5)

Jika Anda pernah antre membeli donat di gerai J.Co di Cambridge City Square Medan, misalnya, Anda dapat melihat langsung bagaimana donat-donat itu dibuat sebelum dijajakan di etalase.

Dalam bisnis kuliner, dapur tentulah rahasia perusahaan. Tapi, J.Co menjadikannya sebagai media menaruh kepercayaan kepada konsumen, bahwa mereka menawarkan donat yang prosesnya pembuatannya dapat diuji publik—setiap saat. Konsumen diajak percaya, bahwa mereka membeli donat di tempat yang benar. Benar pula bahwa dalam bisnis kepercayaan penuh arti, terutama membangun kepercayaan kepada konsumen.

***

Saat ini, ada tiga empat gerai J.Co Donuts & Coffee di Medan. Selain di Sun Plaza, juga bisa dikunjungi di Cambridge City Square, Thamrin Plaza dan Plaza Medan Fair (updated). Tak sulit mencari lokasinya, sebab semuanya berada di lantai dasar.

Tak sulit pula menemukan ciri khas gerai kopi dan donat ini. Ada sofa dengan meja dari kayu. Kesan klasik dan modern kian terasa. Anda langsung mendudukinya begitu tiba. Tapi, jangan terlalu berharap ada pelayan yang mendatangi Anda dan menanyakan orderan. Layanan hanya diberikan kepada pengunjung yang mendatangi stall dan memesan donat maupun minuman.

 

Minimal pembelian donat setengah lusin. Prosesnya cukup cepat, begitu bayar langsung bisa Anda lahap. Beda dengan pemesanan minuman. Setelah membayar dan mendapatkan struk pembelian, Anda diminta bersabar ketika minuman sedang diracik. Begitu selesai, nama Anda akan dipanggil. Silakan ambil pesanan Anda.

Saya sendiri tidak pernah memesan minuman lain selain kopi panas di J.Co. Biasanya Cappuccino dan Americano. Tidak banyak pilihan untuk penikmat kopi memang. Selain itu, ada juga pilihan menu Latte, Frappe dan Delight. Setiap minuman biasanya selalu disertai satu donat atau sandwich, tinggal pilih.

Keseriusan J.Co dalam hal meracik kopi bisa dilihat dari equipment yang digunakan. Misalnya penggunaan mesin espresso dan grinder Nuova Simonelli. Saya pernah menikmati espresso yang begitu pekat, kental dan begitu fantastis di gerai kopi dan donat ini.

Cappuccino-nya juga mampu melahirkan sensasi ngopi bersahaja dengan aroma dan rasa yang sangat elegan dipadu dengan donat. Semua pengalaman rasa kopi itu memang pantas dibagi, seperti satu kalimat yang tertera dalam brand J.Co Donuts & Coffee: “Nothing is sweeter than the togetherness we share”.

 

Tulisan terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *